Jam

Array dan Matriks pada Java

Array :
Baiklah kali ini saya akan share apa sih Array dan Matriks itu ?
Array adalah tipe data tersusun yang berfungsi untuk menyimpan data yang mempunyai tipe yang sama, adapun bagian-bagian yang menyusun array disebut dengan elemen array. Dan yang membedakan data satu dengan lainnya dapat dikses melalui indeks array.
Biasanya orang yang baru belajar bahasa pemrograman dan belum mengetahui array akan membuat banyak variabel yang diikuti dengan angka dibelakangnya untuk menyimpan data. Contohnya :
int nilai1 = 70;
int nilai2 = 88;
int nilai3 = 95;
Dengan cara diatas membuat banyak variabel akan sangat membingungkan apabila kita mempunyai banyak data nantinya, tetapi apabila kita menggunakan array akan lebih mudah. Karena array menyimpan data dengan tipe data dan nama variabel yang sama tetapi hanya dibedakan dengan nomor indeks nya saja. Misalnya kita memiliki array berkapasitas 10 sehingga kita dapat mengaksesnya melalaui indeks 0 – 9, oh iya array itu indeksnya dimulai dari 0.
Array bisa digunakan untuk semua tipe data dan ciri-ciri array adanya tanda [] setelah tipe data atau nama variabel, dan adapun cara untuk membuat array.
Tipe data[] Nama Variabel = new Nama Variabel[Kapasitas Array];
Int[] nilai = new int[5];
Dengan coding diatas kita membuat variabel nilai dengan tipe integer dan array yang mempunyai kapasitas menampung data sebanyak 5, yang indexnya 0 – 4. Setelah kita membuat arraynya kita dapat mengipuntkan nilai ke array tersebut.
nilai[0] = 80;
nilai[1] = 78;
nilai[2] = 95;
nilai[3] = 65;
nilai[4] = 88
Nah coding kita akan lebih simple dengan menggunakan array, dan kita tidak perlu untuk membuat terlalu banyak variabel, dengan hanya satu variabel yang bertipe integer akan lebih baik. Inilah kelebihan dalam menggunakan array, array dapat menyimpan banyak data didalam satu variabel yang kita bedakan dengan indeksnya. Atau bisa dikatakan Array itu seperti wadah yang memiliki sekat-sekat pembatas nah banyak ruang wadah itu lah kapasitas array yang merupakan indeks arraynya.

Matriks :
Matriks adalah penyimpanan data yang terstruktur didalam memori utama yang perelemennya diacu dengan menggunakan dua indeks (yang biasanya dipresentasikan dengan baris dan kolom). Karena matriks merupakan array sehingga konsep umum array berlaku pada matriks. Matriks juga dapat dikatakan dengan array multi dimensi.
Contoh Matriks :
10 15 20
25 30 35
40 45 50
Contoh diatas merupakan Matriks 3 x 3. Untuk dapat membuat seperti itu kita tetap menggunakan konsep array karena matriks itu merupakan array multi dimensi. Yang membedakannya hanya banyak indeksnya, dalam matriks 3 x 3 ini kita akan menggunakan 2 indeks yang lebih dikenal dengan baris dan kolom.
Untuk dapat membuatnya kita lihat data yang disimpan dalam matriks tersebut, karena menyimpan data nilai yang dominan angka oleh karena itu kita menggunakan tipe data integer. Adapun cara untuk membuat matriks sama halnya dengan membuat array:
Tipe data[][] nama variabel = new Tipe data[Kapasitas Barisnya][Kapasitas Kolomnya];
public class Matriks {
    public static void main(String[] args) {
        int[][] nilai = new int[3][3];
nilai[0][0] = 10;
nilai[0][1] = 15;
nilai[0][2] = 20;
nilai[1][0] = 25;
nilai[1][1] = 30;
nilai[1][2] = 35;
nilai[2][1] = 40;
nilai[2][2] = 45;
nilai[2][2] = 50;
        for(int a = 0; a<3; a++){
            for(int b = 0; b<3; b++){
                System.out.print(nilai[a][b]+"\t");
            }
            System.out.println("");
        }
    }
}
Begitulah cara untuk membuat matriks, untuk dapat membuat matriks tidak berbeda jauh dengan cara membuat array sebelumnya hanya mempunyai dua buah indeks. Adapun keuntungan dalam menggunakan matriks:
1. Mudah untuk dioperasikan.
2. Lebih sedikit menggunakan memori.
3. Membutuhkan waktu yang sama untuk mengakses tiap elemen.

Terimakasih telah membaca artikel ini yang membahas array dan matriks, semoga dapat bagi yang membacanya.


2 Responses to "Array dan Matriks pada Java"